5 FAKTA MENGENAI "TUNE UP"
By. AUTOFEVER FINALSTAGE
Tune Up, istilah yang ramai dipakai oleh bengkel-bengkel, baik bengkel resmi maupun bengkel umum lainnya sudah kurang tepat untuk dipakai.
Mengapa demikian?
Ini beberapa alasan yang mungkin dapat kita telusuri:
Spesifikasi pada mesin-mesin mobil keluaran terbaru sudah tidak menyisakan ruang bagi para mekanik untuk di'stel' lagi, misalnya :
1. Klep intake / exhaust, menggunakan system hydrolic.
2. Sistem suplai bahan bakar sudah menggunakan injector dengan akurasi yg lebih tepat.
3. Sistem pengapian yang tidak lagi mangandalkan 'contactor' seperti platina
4. Timing pengapian, sudah diatur oleh ECU dengan segenap sensor-sensor yang bertebaran disekujur mesin.
5. Setelan Emisi / CO sudah menggunakan system 'close loop'
Jadi apa yang dikerjakan oleh mekanik ketika mereka menawarkan 'tune up'....?
Mungkin ini yang bisa menjadi pertanyaan kita bersama bila tidak ada penjelasan yang detail mengenai upaya 'tune up' yang ditawarkan para mekanik bengkel.
Rasanya kalau cuma mengganti busi atau filter udara saja tidak perlu sampai ke bengkel resmi ya....??!! Kalau hobi, pemilik mobil bisa menggantinya sendiri dirumah atau bergabung dengan beragam komunitas mobil dengan segala informasi yang tersedia antar membernya...
Media Internet juga menjadi sarana informasi yang sangat membantu.
Minimal membantu kita menjadi lebih pandai 'menyaring' tawaran-tawaran 'tune up' yang ngga jelas hasilnya.... :)
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar